Ia Paham Ayah Berselingkuh

Aku terhenyak, aku bingung, aku sedih, entahlah, rasanya campur aduk. Bagaimana bisa anak kecil yang sepertinya berumur lima tahunan ini paham soal perselingkuhan? Bagaimana bisa semua terang-terangan menggodai mencarikan ayah baru? Bagaimana bisa dengan mudahnya semua bilang kalau ayahnya sedang jalan-jalan dengan perempuan lain? Bagaimana bisa sekecil itu tau kebenaran yang menyakitkan ini? Bahkan mendengarkan cerita detailnya akan bagaimana ayahnya bertemu dengan perempuan itu, dimana mereka bertemu, ayahnya yang lebih memilih perempuan itu ketimbang ia dan ibunya. Mungkin ia belum sepenuhnya paham tapi lewat tatapanya ada rasa bingung, sedih yang tergambar, walau mungkin hanya aku, entahlah. Entahlah aku benar-benar bingung, mungkin ini cara mereka untuk menguatkan ia sedari kecil tapi tidakkah ini sedikit jahat? Entahlah, aku bingung. Aku akan belajar lebih banyak lagi tentang psikologi anak, aku akan lebih banyak membaca, mendengarkan, aku tak ingin anak polos seperti ia pun anak-anak lainnya menjadi korban dari ketidak tanggung jawaban orangtua macam itu, sungguh aku benci. Oh Tuhan, bimbing aku agar jauh-jauh dari menjadi orangtua yang tidak bertanggung jawab begitupula dengan kekasihku nantinya.

Tinggalkan Balasan

