Arti Sebuah Nama

Hi Dear Bloggers,

Aku ingin mengajak kalian menulis dengan tema arti sebuah nama yang difokuskan kepada nama blog kalian. Jadi perihal yang ditulis mencakup alasan dibalik alamat blog kalian seperti kenapa aku menggunakan  alamat lantunanjiwa.wordpress.com dan mengapa pula nama blognya Lantunan Jiwa dengan slogan Tentang Lantunan Jiwa. 

Kemudian, alasan dibalik nama akun kalian, terlebih jika menggunakan nama pena. Seperti aku yang menggunakan nama pena untuk blogku ini, jadi sejatinya Rissaid  itu nama penaku.

Kegiatan ini sekedar untuk bernostalgia tentang awal mulanya ngeblog, jika merasa alasan dibalik nama akun merupakan privasi, boleh untuk tidak ditulis. Intinya, setiap blog yang lahir punya cerita dibaliknya, dan aku merasa itu hal yang menarik untuk dibagikan. 🙂 

Sekarang giliranku mengulas tentang arti dibalik nama blogku. Jadi kenapa blogku namanya Lantunan Jiwa? 

Aku sedari SD suka menulis puisi tapi dewasa ini barulah paham menyimpan rapi tulisanku lewat blog. Jika diulas, kebanyakan puisiku tentang perasaan atau isi hati dengan bahasa yang melankolis, dipengaruhi pembawaan yang puitis dan melankolis serta tujuan blog ini adalah tempat untuk menampung tulisanku, lahirlah nama Lantunan Jiwa yang berarti tentang segala perihal dipikiranku entah imaginasi atapun realita yang dijadikan puisi atau sekedar tulisan. Slogan blogku aku buat sederhana Tentang Lantunan Jiwa karena tidak ada hal lain yang terbesitkan dipikiranku, intinya aku menulis dan biar sederhana  Lantunan Jiwa sebagai alamat, nama dan slogan blogku sudah cukup.

Perihal nama penaku, Rissaid. Nama penaku lahir sekitar akhir tahun 2012, bertepatan dengan lahirnya blog rahasiaku rissaid.blogspot.com yang sudah tidak aktif. Rissaid merupakan gabungan nama dari alm. kakek dan nenek dari kedua pihak orangtuaku, kenapa? tiba-tiba terbesit dan aku suka dengan nama Rissaid  karena tiap hurufnya berasal dari nama kakek nenekku yang merupakan orang yang penting bagi kedua orangtuaku. Pada mulanya, aku memilih menggunakan nama pena karena aku ingin membedakan antara aku yang suka menulis puisi  dengan aku dikehidupan asliku, terlepas dari kenyataan bahwa aku pembawaanya suka bercanda dan sedikit konyol, aku punya sisi melankolis dan karena orang disekitarku pasti tertawa tidak mengira aku menulis puisi, nama Rissaid semacam jadi identitas rahasiaku. Serta, aku terinspirasi dengan Tere Liye yang hanya menggunakan nama pena disetiap bukunya. Itulah mengapa blog lamaku bersifat rahasia, tapi kemudian entah bagaimana beberapa orang terdekatku mulai mengetahuinya, dan menyarankan agar blognya bersifat umum, salah satu sahabatku kemudian menyarakan aku pindah ke wordpress.com dan berakhirlah aku disini.

Sekian perihal kelahiran blogku. Setiap blog punya cerita dibalik kelahirannya, aku senang jika kalian mau berbagi dengan cara penulisan dan gaya bahasa kalian sendiri karena tiap orang punya warna  tersendiri. 🙂


Diwaktu luang, aku suka membacakan tulisan di blogku di Soundcloud. Obsesi tersembunyi untuk menjadi penyiar radio    Post Arti Sebuah Nama bisa di check disini🙂

36 thoughts on “Arti Sebuah Nama

Tinggalkan Balasan

