Lebih Memahami

Sedari kecil, saya suka membaca komik tapi kemudian susah menemukan rental komik terdekat, tapi kemudian saya mengenal Line Webtoon, Yay!

Ada sebuah komik menarik yang disugguhkan, judulnya Flawless.

image

Komik ini mengangkat sosok Tunanetra.

“Tunanetra adalah istilah umum yang digunakan untuk kondisi seseorang yang mengalami gangguan atau hambatan dalam indra penglihatannya. Berdasarkan tingkat gangguannya Tunanetra dibagi dua yaitu buta total (total blind) dan yang masih mempunyai sisa penglihatan (Low Visioan).” – Wikipedia.

Mengesampingkan nasihat seorang dosen bahwa Wikipedia kurang akurat, kurang lebih begitulah definisi Tunanetra. Saya salut bagaimana Author komik mengangkat sosok yang jarang muncul di komik, gambar dan alurnya pun bagus.

Yang menarik adalah beberapa komentar oleh pembaca yang membuat saya senyam senyum. Ada yang berceloteh:

• Kok bisa main HP?
• Kok bisa jalan-jalan sendiri?
• Tajam banget pendengarannya?
• Emang dunia komik ya, bisaaa ajaa.

Sebagai seseorang yang memiliki kawan baik seorang Tunanetra, saya dengan beliau menyebut Tunet, merasa hal-hal di atas bisa-bisa saja, bukan semata dunia komik.

Kawan saya ini punya HP, smsan, chatting Line, WA seperti biasa. Laptop juga, malah suka ‘membaca’ novel format PDF dan lincah memainkan laptopnya, saya sering meminta data dan beliau yang mengcopy-paste kan sendiri datanya tanpa dibantu. Dengan jaman yang begitu canggih, ada sistem bagi Tunet yang maaf saya lupa penulisannya bagaimana, sistem tersebut berfungsi untuk membacakan data yang berada di HP ataupun Laptop kawan saya, seperti E-Book dengan Audio, sistem itu yang membacakan. Semisal saya mengirimi pesan terhadap beliau, nanti sistemnya yang akan membacakan, nah kalau lupa bawa headset, kawan saya suka mencari pojokan agar saya dan kawan-kawan lain tidak bisa kepo isi pesan kekasihnya, haha.

Kawan saya ini juga biasa mencuci piring, pakaian sendiri, mengupas mangga juga, kalau main kesana, buah-buahan yang ada justru kawan saya yang mengupasi dan mencuci piringnya, saya kawan durhaka.
Yang penting, kawan saya ini sudah familiar dengan rumah atau lingkungannya, jadi menjemur pakaianpun beliau keluar sendiri.

Pun perihal jalan-jalan, sebagai salah satu volunteer pendamping di Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya, ketika pembekalan sebagai pendamping, kami kedatangan tamu Tunet dari Yogyakarta dan beliau datang sendiri! Sendiri lho ya, naik Bus, lalu ojek, mengandalkan tongkatnya, dan bertanya pada orang sekitar. Salah seorang Tunet yang biasa saya dampingi juga biasa jalan kaki sendirian dari kosnya, kami hanya janjian di tempat biasa lalu berangkat ke kelas bersama.

Perihal kepekaan pendengaran yang begitu tinggi, ada penjelasan ilmiahnya, tapi intinya memang Tunet cenderung lebih peka. Saya kalau menginap di tempat kawan saya tadi, kadang ada hal-hal yang tidak saya dengar tapi kedengaran oleh beliau. Begitupula dengan nada bicara, beliau tau saja kalau saya sedang tidak atau tidak mood.

Seperti drama Korea The Winter that Wind Blows yang mengangkat tokoh utamanya sosok Tunet dengan pemeran Song Hye Kyo bersama Jo Ing Sung juga memperlihatkan bagaimana tokoh utama bisa memahami nada bicara seseorang yang sedang berbohong.

Well, ada beberapa hal dalam komik tersebut yang kadang saya pun sempat bertanya-tanya, Elios kok bisa manjat genteng? Nah perihal ini kembali pada level penglihatannya, sudah dijelaskan pada komik Flawless bahwa Elios masuk kategori Low Vision bukan Total Blind, Elios masih bisa melihat perwujudan benda secara kasar.

Pokoknya saya salut dengan Authornya karena setidaknya akan membuat masyarakat Aware mengenai Tunet, barangkali dari ketidakpercayaan pada sosok Elios di komik akan membawa pembacanya untuk kepo dan lebih memahami perihal Tunet.

Lagian, Elios cukup tampan dan seksi! 😁

image

32 thoughts on “Lebih Memahami

Tinggalkan Balasan

