Always a Happy Soul

image

Tidak heran jika rata-rata kaum perempuan cenderung suka berbagi cerita, masalah, perihal kerumitan dipikiran.  John Gray pernah membahas dalam bukunya Men are from Mars, Women are from Venus mengenai perihal tersebut, sudah menjadi hakikat perempuan, kecendrungan yang natural.

Pun saya merasa nyaman ketika berbagi dengan sahabat saya, tapi seiring waktu berjalan, banyak hal yang kemudian menjadi pertimbangan saya. Ketika saya melihat kata-kata di foto atas dari mbak yang mengajarkan saya bahasa Isyarat. Pun ketika sahabat saya pernah menasehati, justru ketika patah hati, tahap terakhir adalah dengan tidak membicarakannya sama sekali, tidak mengungkit.

Bahwa ketika ada kerumitan di kepala, ini adalah cara saya untuk tenang, dengan diam. Sebagai perempuan dengan status menunggu wisuda, saya sudah mulai harus memikirkan kedepannya bagaimana. Saya memilih menyimpan sendiri dulu beberapa perihal di kepala, selama saya memang masih nyaman begitu. Tidak membicarakannya, tidak mengeluh, dan tenang. This too shall pass anyway. Ujungnya, saya memilih tidur.

Apa yang saya lakukan ternyata cukup efektif, mengurangi sembrawut dipikiran, saya hanya akan berbagi ketika meminta solusi, pun nasihat untuk menguatkan dengan orang terdekat, hanya yang benar-benar dekat dan cukup dewasa serta pengalaman yang sama. Karena terkadang, tidak selalu menceritakan semua melegakan, pada cerita tertentu kita memang sepatutnya menyaring pendengar yang sesuai, agar tidak lebih merumitkan segala sesuatunya.

Pun jika ingin mengeluh, sewajarnya, jangan sampai meletihkan orang lain yang menjadi pendengar, pun jika ingin mengeluh, di akhiri dengan menguatkan diri sendiri kembali, nasihat mbak saya, don’t be such a negative vibe.  Dari situ, saya memilih menulis, semacam katarsis. Seperti saat ini, momen kontemplasi diri.

Terlebih, saat reunian teman-teman SMP dan SMA lalu, saya mendapati bahwa saya tidak sendirian, teman-teman yang lain juga sedang berjuang menyusun tugas akhir, mencari pekerjaan, beasiswa. Jadi tidak ada alasan bagi saya untuk mengeluh dengan segala kemudahan dan yang lain pun juga sedang berjuang.

I am still trying to see everything from the bigger picture and to live every moment without complaining, to enjoy the little things, to be grateful.  It’s not easy as it said, but I am trying. To be always a happy soul.

image

39 thoughts on “Always a Happy Soul

Tinggalkan Balasan

