Memilih

“Kalau bisa nonton konser Alexandria dengan ketemu aku pilih mana..”

“Sekalian aja tambah satu pilihan lagi, yang akunya mati gitu…”

***

Malam itu, aku tertawa ringan atas jawabanmu, tentang kamu yang lebih memilih usil dengan tiap jawabanmu ketimbang menggombali aku. Kamu yang selalu punya jawabanmu sendiri, atas pilihan-pilihan usil dan kekanakkan yang aku lontarkan, dan tentu saja jawabanmu bukan salah satu dari yang aku tawarkan, bahwa kita sejatinya selalu bisa membuat pilihan sendiri, katamu.

Tapi aku kerap dengan pertanyaan-pertanyaan sepeleku, dan sesekali berharap kecil kalau jawabanmu adalah tentang memilih aku terlebih dahulu. Lalu hampir seperti rutinitas aku akan tertawa karena jawabanmu, jawaban yang seringkali diluar dugaanku tak peduli sejauh mana aku mencoba memahami sudut pandang humormu, dan kamu memang selalu menang dalam usaha membuatku tertawa.

Tapi barangkali, di bawah alam sadarku, aku sejatinya lebih suka dibuat tertawa olehmu ketimbang menjadi pilihan pertama dengan pembanding yang sepele. Toh, dari seperkian pilihan-pilihan yang aku lontarkan dengan berujung aku yang bukan menjadi jawabanmu, aku percaya pada satu hal, kamu menjaga sebuah pilihan, memilih bertahan disini – disisi, masih dengan jawaban-jawabanmu, meladeni sisi kekanakkanku.

15 thoughts on “Memilih

  1. Gara

    Mantap. Keinginan untuk bersama memang tidak selamanya harus diungkapkan dengan kata-kata ya. Perbuatan jauh lebih jos dan membuktikan. Kata-kata bisa hambar, tapi perilaku tidak, karena yang terakhir ini punya dampak yang lebih besar. Eh, ini kategorinya cerpen & fiksi? Saya doakan semoga di kehidupan nyata juga demikian deh, hehe.

    Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

